Sabtu, 20 Februari 2010

mengeluh

mengeluh
manusia = mengeluh

saya sadar dalam setiap hari yang saya jalankan tidak akan pernah berhenti mengucapkan keluhan, dari sekedar :'parah hari ini panas banget sih!' sampai 'aduh kenapa hidup gw susah banget sih!'
ya apapun bentuk keluhan yang manusia ucap tanpa mereka sadar keluhan itu sebenarnya datang dari perspektif diri mereka sendiri.
beberapa bulan lalu, saat PLN sering melakukan pemadaman sontak warga jakarta mengeluh, menghina, mencaci PLN dengan segala umpatan. saat itu saya ada di kamar kosan. semua tugas kuliah saya terhambat karena ada pemadaman tersebut. saya mengeluh. sama seperti orang orang pada umumnya. tapi tiba tiba sejenak saya berpikir:
PLN hanya melakukan setitik kesalahan, dalam arti mereka melakukan pemadaman karena ada gardu yang rusak. dan tindakan itu mengakibatkan banyak warga jakarta mengaduh.
tapi tidak kita pikirkan kah bahwa selama ini kerja PLN 24 jam untuk warga jakarta yang membuat ada listrik di setiap sudut jakarta tidak pernah kita puji
tidak. kita tidak pernah menghargai PLN saat ia mengerjakan tugasnya dengan baik. tapi saat ia melakukan setitik kesalahan, dengan spontan kita langsung menghujatnya.

adil?

lalu saya juga sering berpikir tentang orang orang yang mengeluhkan jakarta banjir dan langsung saja menyalahkan pemerintah. saya jadi ketawa sendiri. tidakkah mereka tahu kalau jakarta kota tua? saluran air bawah tanah jakarta sudah berumur ratusan tahun, belum lagi dengan masalah sampah yang tidak ada habisnya. membenahinya jakarta kota banjir tidak cukup hanya 1 hari teman.. jadi mengapa anda mengeluh banyak tanpa bisa berkontribusi sedikit saja untuk kota ini? minimal untuk diri sendiri.

dan..
sadarkah kamu tiap kalian mengeluh 'aduh jakarta panas' adalah rezeki bagi tukang es cendol pinggir jalan karena disaat panas dagangan mereka laku?
sadarkah kamu tiap kalian mengeluh 'jakarta ujan muluuu deh becek!' adalah rezeki lebih untuk para ojek payung?
sadarkah kamu tiap kalian mengeluh 'ah skripsi ribet banget deh males gw!' tapi banyak jutaan orang diIndonesia yang berprestasi tapi tidak punya cukup uang untuk kuliah?


......life will be so much easier without complaining much..act higher, get better :)

2 komentar: